Senin, 05 November 2007

selayang pandang

Selayang Pandang Pameran Teknologi Pendidikan 2007
Sebuah perjalanan Metamorphosa Teknologi Pendidikan.

Assalamu`alaikum Wr.Wb.

Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan kita nikmat, rahmat dan karunia sehingga dapat menyelenggarakan pameran teknologi pendidikan ini.
An education…
Berawal dari kepedulian kami terhadap dunia pendidikan di negeri ini, dari sebuah tempat studi yang akrab kami kenal dengan sebutan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan atau sering kita sebut Jurusan KTP. Sebuah program studi dibawah naungan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang mempunyai misi diharapkan dapat menciptakan para teknolog-teknolog pendidikan yang professional dan berwawasan global yang mampu berkarya melalui berbagi kompetensi yang dimiliki. Kompetensi yang dikuasai pun sesuai dengan kawasan Teknologi Pendidikan yakni Pengembangan, Pemanfaatan, Pengelolaan, Penilaian, serta Desain berbagai sumber belajar maupun proses pembelajaran. Sehingga dengan adanya teknologi pendidikan belajar menjadi LEBIH MUDAH dan MENYENANGKAN !!!
Dengan semangat kepedulian dan kebersamaan kami terhadap dunia pendidikan dan jurusan kami, maka kami bermaksud untuk menyelenggarakan Pameran Teknologi pendidikan yang bertempat di Auditorium UNY. Dengan demikian melalui pameran teknologi pendidikan ini diharapkan akan dapat membantu dalam mengenalkan berbagai media dan metode pembelajaran pada masyarakat luas untuk mengoptimalkan pembelajaran sesuai dengan tujuan yang ditentukan. Selain itu pameran ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan jurusan Teknologi Pendidikan kepada masyarakat luas serta sebagai wahana untuk menampilkan hasil karya mahasiswa Teknologi Pendidikan.
Tema yang kami angkat pada pameran kali ini adalah “Metamorphosa Teknologi Pendidikan”. Ide pemikiran ini muncul dari beberapa fakta yang ada di negeri ini, yakni adanya suatu perubahan penyelenggaraan pendidikan secara signifikan. Pendidikan yang dahulu kala hanya dikenal dengan sekolah, guru, buku, dsb. Kini dengan berkembangnya IPTEK, pendidikan dapat berkembang dengan pesat. Dari sabak ke kertas, dari kertas ke buku, dari buku ke computer, computer ke Multimedia, dst. Sehingga menurut kami proses perubahan itu kami sebut “METAMORPHOSA” teknologi pendidikan. Suatu proses yang pada dahulu kala kata Belajar itu menjadi sebuah beban, kini dengan adanya kemajuan IPTEK menjadi lebih mudah dan menyenangkan untuk siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Sehingga dapat diibaratkan pendidikan kini menjelma menjadi kupu-kupu yang cantik, yang hinggap pada bunga-bunga yang indah, dan kehadirannya menyebabkan berseminya serbuk sari dan kepala putik menjadi buah. Yah.. suatu hasil sempurna setelah melewati perjalanan yang panjang dan penuh rintangan. Demikian yang diharapkan pada dunia pendidikan kita. Tidak hanya sebagai modal utama pembangunan bangsa, namun juga dapat berguna untuk Investasi Peradaban Bangsa kita.
Dari gagasan yang ada, kami tuangkan dalam berbagai bentuk acara dalam rangkaian Pameran Pendidikan. Dalam Kegiatan ini, pameran media Teknologi Pendidikan merupakan acara utama. Media-media yang dipamerkan berupa media audio, audio-visual, CD pembelajaran, grafis, serta berbagai media tepat guna lainnya. Media yang dipamerkan diperoleh dari laboratorium Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan dan juga dari berbagai lembaga yang bekerjasama dengan jurusan, seperti dari LPMP, BPMR, P3G Matematika, JSC, dan BTKP. Selain acara utama.

Tidak ada komentar: